Tag

, , , , , , , , ,

Judul: The Lake House (2006)
Sutradara: Alejandro Agresti
Produser: Doug Davison dan Roy Lee
Skenario: David Auburne, berdasarkan novel “Il Mare” karya Kim Eun-jeong dan Kim Mi-yeong
Musik: Rachel Portman
Pemain:  Keanu Reeves, Sandra Bullock, Dylan Walsh, Shohreh Aghdashloo, dan Christopher Plummer
Jenis: Drama, percintaan
Distributor: Warner Bros. Pictures
Panjang Film: 105 menit
Penilaian: 8/10

Poster The Lake HouseDua orang yang mendambakan cinta sejati saling bertemu, dalam korespondensi. Tetapi malangnya mereka tak dapat bertemu secara langsung, karena mereka terpisah oleh waktu.

Kotak surat penghubung waktu

Kotak surat rumah di tepi danau yang menjadi penghubung antar waktu.

Film ini menceritakan tentang Kate (Sandra Bullock), seorang dokter yang tak puas dengan pasangannya dan mendambakan cinta sejati, yang pindah dari rumah di tepi danau yang disewanya pada suatu hari di tahun 2006. Ia meninggalkan surat di kotak surat rumah itu yang berisi pesan kepada siapa pun yang nantinya akan menghuni rumah itu agar bersedia meneruskan surat ke alamat barunya kalau-kalau ada yang terkirim ke sana.

Surat itu ditemukan oleh Alex (Keanu Reeves) di tahun 2004 yang kemudian membalasnya. Ketika mengetahui bahwa mereka terpisah rentang waktu selama dua tahun, keduanya merasa bingung dan tak percaya. Tetapi setelah memperhatikan keanehan dari kotak surat itu akhirnya mereka pun percaya, walaupun sulit diterima akal.

Setelah beberapa peristiwa, mereka berdua mendapati bahwa sebenarnya mereka sudah pernah bertemu di tahun 2004, bahkan Alex pernah mencium Kate. Keduanya sangat ingin bertemu kembali, sehingga mereka berdua pun menentukan satu tanggal di tahun 2007 untuk bertemu.

Tetapi apa lacur, pada hari pertemuan, Alex tidak muncul. Kate yang patah hati pun memutuskan kontak dengan Alex. Tetapi, pada tahun 2008, karena melihat lukisan yang melukiskan rumah di tepi danau yang dibuat Alex, Kate pun mengetahui mengapa Alex tidak muncul. Ternyata Alex sudah meninggal pada tahun 2006.

Kate berharap cemas

Kate berharap cemas menantikan kedatangan Alex.

Merasa terkejut, Kate bergegas pergi ke kotak surat rumah di tepi danau untuk memberikan peringatan kepada Alex, dan memberitahunya agar menanti hingga 2008 untuk bertemu dengan Kate. Setelah memasukkan surat itu ke kotak surat, Kate berharap-harap cemas menantikan kedatangan Alex.

Setelah bermain bersama dalam film “Speed” (1994) yang sangat sukses di pasaran, orang bertanya-tanya kapan Keanu Reeves dan Sandra Bullock akan kembali bermain dalam satu film. Permainan mereka berdua yang sangat apik dan dengan “chemistry” yang mengagumkan membuat orang ingin melihat mereka berdua kembali membuat film bersama. 12 tahun kemudian pada 2006, pertanyaan itu terjawab dalam film ini.

Walaupun keduanya bermain dengan baik, dan dengan “chemistry” yang mengagumkan seperti dalam film “speed”, dan filmnya sendiri cukup sukses di pasaran, tetapi film ini tidak disukai oleh para kritikus film, yang mengkritik premis film ini yang tidak masuk akal.

Tetapi saya lebih setuju dengan kritikus film favorit saya, Roger Ebert (almarhum), yang menyukai film ini dan mengatakan, “Tak masalah”. Ketidakmasukakalan film ini bagi saya memang tidak menjadi masalah karena ceritanya terjalin dengan apik, dan permainan Sandra Bullock dan Keanu Reeves sangat apik dan manis.

Iklan